Tips Membackup Blog

Tips Membackup Blog : Pernahkah kita bayangkan bagaimana seandainya sebagian atau bahkan seluruh postingan blog kita tiba-tiba menjadi hilang misalkan karena sesuatu “kecelakaan”? Atau bahkan template blog menjadi berantakan karena sering menggonta-ganti template atau mengotak-atik HTML? Semua kejadian tersebut mungkin dan bisa saja menimpa pada blog kita. Tentunya akan sangat menjengkelkan dan melelahkan jika kita harus melakukan pekerjaan (pempostingan) ulang yang tentunya akan banyak menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya lagi yang tidak sedikit. Oleh karena itu, seperti halnya data-data penting lainnya, kita juga harus membuat backup blog kita sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak kita inginkan tersebut. Ikuti tipsnya bersama Tips Trik Blog berikut ini.

Backup Template
Untuk melakukan backup template, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
Login ke http://blogger.com hingga masuk Dasbor >> Tata Letak (layout) >> Edit HTML
Kemudian klik “Download Template Lengkap”, seperti screenshot di bawah ini.
Kemudian arahkan tempat penyimpanan ke folder yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan firefox maka hasil download akan disimpan di lokasi folder default atau pada folder yang Anda setting sebelumnya. Untuk melakukan setting lokasi download pada firefox, dapat Anda lihat di sini.
Jika suatu ketika Anda ingin mengembalikan kepada template semula, langkah-langkahnya adalah
Pertama, login ke blogger >> Dasbor >> Tata Letak (layout) >> Edit HTML
Kedua, klik “telusuri” untuk menemukan lokasi folder penyimpanan file back up.
Jika sudah ketemu, klik “unggah”.

Backup Blog
Untuk melakukan backup blog, selain menggunakan layanan default dari blogger, kita dapat menggunakan fasilitas atau layanan online yang disediakan oleh pihak ketiga. Untuk tujuan tersebut, kita dapat mencoba layanan http://www.blogbackuponline.com/.
Bagi yang tidak ingin membayar, Anda dapat mencoba layanan yang free. Dengan layanan free ini kita mendapat “jatah” space hingga 5 MB untuk postingan berupa tulisan tidak termasuk image dan video. Namun dengan space tersebut, saya kira lebih dari cukup untuk membackup seluruh postingan kita. Dengan asumsi setiap postingan membutuhkan rata-rata2000 karakter maka layanan tersebut dapat membackup hingga 2500 postingan. Lumayan, kan!!
Blogbackuponline ini supportable untuk layanan Blogger, Wordpress, Life Jurnal, Windows Life Spaces. Jadi untuk para pengguna keempat layanan tersebut, Anda tidak perlu kuatir dengan postingan Anda karena kita dapat menggunakan layanan tersebut untuk membackup blog kita.
Langkah-langkah untuk melakukan backup dengan menggunakan layanan http://www.blogbackuponline.com/ adalah sebagai berikut.
Pertama, lakukan registrasi dengan mengisi email dan password.Lakukan aktivasi account melalui link pada email yang dikirimkan sesaat setelah kita melakukan registrasi.
Kedua, setelah login dengan account yang sudah aktif tersebut kemudian lanjutkan dengan mendaftarkan blog Anda, dengan mengklik buton “Start Registering Your Blog” kemudian Anda harus memasukkan alamat URL_blog Anda kemudian dilanjutkan dengan menekan Register Blog.
Ketiga, tunggu beberapa saat kemudian dilanjutkan dengan menekan “Start full backup”.
Keempat, tunggu beberapa saat karena blogbackuponline sedang melakukan back seluruh posting Anda dan ini akan memakan waktu beberapa lama tergantung ukuran (banyaknya posting) blog kita.
Dengan telah selesainya prosedur di atas, maka blog Anda akandibackup secara otomatis setiap oleh blogbackuponline tersebut. Jadi, Anda tidak perlu melakukan apa-apa, Anda hanya perlu melakukan posting dan posting saja, untuk urusan backup serahkan kepada blogbackuponline.
Untuk mengembalikan data-data postingan kita adalah sebagai berikut.
2. Masuk menu Dashboard kemudian klik manage kemudian pilihcontent. Di situ, kita akan menemukan postingan blog kita di mana kita hanya perlu melakukan copy paste atas postingan-postingan terdahulu jika memang harus melakukan pempostingan ulang.
Semoga bermanfaat!!

Penulis : AziEz El_PasKer The liBrariEs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Membackup Blog ini dipublish oleh AziEz El_PasKer The liBrariEs pada hari Rabu, 13 Juni 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Membackup Blog
 

0 komentar:

Posting Komentar